ECHO Gath 8 : Where Will The Internet Go?


Share on :
Kembali berlanjut cerita "ECHO Gath 8 : Where Will The Internet Go ?", ya inilah tema yang di angkat oleh ECHO di acara gathering yang ke 8 dan diadakan di kebun binatang Bandung dikarenakan sesuai dengan agenda mereka yaitu "ECHO Hack In The Zoo".

Kali ini perjalanan si Galau and Friends terlihat tidak begitu sulit walau jalanan Cirebon - Bandung memang lebih parah dari sebelumnya tapi nampaknya ini tidak menyurutkan niat si Galau untuk mencari jati diri serta dengan kawan-kawannya yang juga ingin mencoba mencari ilmu walau harus kembali berkeluh kesah denganku.

"Where Will The Internet Go?" apabila diterjemahkan melalui Google Translate mungkin terjemahannya akan terasa rancuh, sekarang coba saya terjemahkan melalui bahasa tubuh ups ! yaudahlah yang penting ngerti sendiri aja lah dan sepertinya artinya itu kalau dalam bahasa Indonesia "Akan Kemana Internet Berlanjut?" ( Maaf saya nggak jago terjemahin, waktu dulu sekolah aja jarang lulus kalau ujian B. Inggris ).

Where Will The Internet Go?

Walaupun kali ini acara tidak terlalu ramai seperti sebelumnya yang diadakan di Jakarta tapi bagi si Galau ini sudah cukup bahkan lebih dari cukup dari pada tidak sama sekali :)

Pemateri ataupun materi dapat di baca lebih lengkap di "http://e-rdc.org/v1/news.php?readmore=185".

Oke sekarang giliran saya buat report dari acara ECHO Gath 8 : Where Will The Internet Go? yang saya ikuti bersama si Galau And Friends.

Berikut ini adalah 5 Materi yang akan di sampaikan pada acara tersebut:

  1. "VoIP Bomber" - lirva32

    Ini adalah hasil dari riset lirva32 tentang keamanan ataupun celah dari VOIP dan tidak salah lagi kalau dinamakan "VoIP Bomber" dikarenakan teknik yang digunakan untuk tindakan destruktif ini adalah dengan melakukan bomber yang membuat jaringan VoIP target terputus.
    Sewaktu materi disampaikan para audience juga diberikan fotocopy materi dari om lirva32 ( maklum kali ini acaranya tidak menggunakan infocus dan untuk ada salinannya yang sudah dipersiapkan untuk diberikan kepada para audience ).
  2. "IP Camera Video Jack" - d.m0nk3y

    Sebelumnya d.m0nk3y menyampaikan materi tentang "tarpit" kali ini tentang keamanan IP Camera yang bisa di exploitasi dengan tools Video Jack.
    Materi ini sangat berkesan walaupun tidak bisa disampaikan secara memuaskan dikarenakan tidak adanya alat bantu presentasi tapi setidaknya d.m0nk3y sudah mempresentasikan ini dengan baik walau tanpa alat bantu.

    Tools yang digunakan kali ini adalah Video Jack ( hampir mirip dengan etthercap ).
  3. "SEH Based Stack Overflow" - Hanny Haliwela

    Lanjutan materi dari ECHO Gath 7 yang diadakan di Ragunan Jakarta namun kali ini membahas tentang "SEH Based Stack Overflow".
    Mampus dah materi ini bikin melongo dikarenakan bagi saya ini adalah ilmu baru dan tidak bisa dengan mudah dipelajari.

    Program yang digunakan kali ini adalah Immunity Debugger bukan OllyDbg.
  4. "Bermain-main dengan Siriproxy" - Budi Zero day

    Materi dengan pembukaan segar dari Budi yang menyampaikan materi tenang SiriProxy yang digunakan oleh Apple dan materi inilah yang menurut teman-teman paling asik dikarenakan sangat unik dan harapan si Budi pun benar-benar unik, "Gwe pengen bikin kamer rumah gwe otomatis semua, tinggal bilang SCTV trus nyala deh TV dengan channel SCTV hahaaa !".
    Buat beli alatnya aja udah pusing gimana mau beli perangkat lainnya :P tapi kalau di explore lebih dalam sudah jelas mantap jaya ! ( Untuk dibagi salinan fotocopy dari materi ini jadi dirumah bisa dibaca-baca lagi ).
  5. "TBA" - Iwan Sumantri

    Kali ini ECHO mendatangkan pemateri yaitu Iwan Sumantri, Wakil Ketua IDSIRTI. Sebanarnya apa itu IDSIRTI ? menurut pak Iwan sebagai berikut "IDSIRTI adalah lembaga pemantau trafik internet yang dibentuk untuk melakukan logging(pencatatn) trafik aktivitas internet dari beberapa ISP di Indonesia" dan untuk lebih lengkapnya coba kunjungi "http://idsirtii.or.id/"
    Pematerinya benar-benar lebih tua dari saya tapi pola pikir serta pengalamannya ternyata tidak kalah dengan anak muda jaman sekarang dan yang paling menarik adalah cerita beliau tentang pembetukan hingga sampai sekarang berjalannya IDSIRTI ( ada sedikit titik cerah untuk berkunjung ke kantor IDSIRTI hehehe ).
Setelah materi ini selesai disampaikan ternyata tidak sampai disini karena Mojo memberi informasi segar dengan sedikit ceritanya yang mampu memberi inspirasi para pendengarnya serte setelah itu y3dips kembali berbicara tentang agenda ECHO selanjutnya salah satunya adalah tentang echo|zine, Vol 10 Issue 25 dan untuk informasi lebih lengkapnya bisa mengunjungi "http://ezine.echo.or.id/cfp_issue25.txt".

Sekian untuk report ECHO Gath 8 : Where Will The Internet Go? yang bisa si Galau sampaikan, apabila ada salah kata yang disengaja ataupun tidak sengaja mohon di maafin yah, hehe...

on , ,

No comments

Leave a Reply