Apa itu Rot13 ?


Share on :
Hi, long time no see kalau kata steven coconut dan inilah kata yang tepat untuk menggambarkan untuk sebuah eksistensiku untuk terus berkarya serta menciptakan mahakarya yang mampu menggugah isi hati orang lain yang mampu menghargai atas segala cipta.



Kali ini saya coba untuk membuat sebuah artikel security dan dikesempatan ini saya akan berbagi tentang Rot13, sebelum kita masuk ke materi ini saya akan coba untuk sharing apa itu Rot13, bagaimana method Rot13 dan materi lainnya yang berhubungan dengan Rot13.

Apa itu Rot13

ROT13 (dari Bahasa Inggris rotate by 13, putar 13 kali), adalah algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad-tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya). Enkripsi ini merupakan penggunaan dari sandi Caesar dengan geseran 13. ROT13 biasanya digunakan di forum internet, agar spoiler, jawaban teka-teki, kata-kata kotor, dan semacamnya tidak terbaca dengan sekilas. Hal ini mirip dengan mencetak jawaban TTS secara terbalik di surat kabar atau majalah.

Dan kali ini saya tidak hanya mengutip penjelasan untuk bahasa Indonesia saja dikarenakan materi yang saya dapat dari Wikipedia untuk Apa itu Rot13 sangatlah minim sehingga saya coba untuk mengutipnya dari bahasa Inggris.

What about Rot13

ROT13 ("rotate by 13 places", sometimes hyphenated ROT-13) is a simple substitution cipher used in online forums as a means of hiding spoilers, punchlines, puzzle solutions, and offensive materials from the casual glance. ROT13 has been described as the "Usenet equivalent of a magazine printing the answer to a quiz upside down".[1] ROT13 is an example of the Caesar cipher, developed in ancient Rome.

In the basic Latin alphabet, ROT13 is its own inverse; that is, to undo ROT13, the same algorithm is applied, so the same action can be used for encoding and decoding. The algorithm provides no cryptographic security, and is often cited as a canonical example of weak encryption. ROT13 has inspired a variety of letter and word games on-line, and is frequently mentioned in newsgroup conversations.

Description Rot13

Applying ROT13 to a piece of text merely requires examining its alphabetic characters and replacing each one by the letter 13 places further along in the alphabet, wrapping back to the beginning if necessary.[2] A becomes N, B becomes O, and so on up to M, which becomes Z, then the sequence continues at the beginning of the alphabet: N becomes A, O becomes B, and so on to Z, which becomes M. Only those letters which occur in the English alphabet are affected; numbers, symbols, whitespace, and all other characters are left unchanged. Because there are 26 letters in the English alphabet and 26 = 2 × 13, the ROT13 function is its own inverse:[2]

\mbox{ROT}_{13}(\mbox{ROT}_{13}(x))=x for any basic Latin-alphabet text x.

In other words, two successive applications of ROT13 restore the original text (in mathematics, this is sometimes called an involution; in cryptography, a reciprocal cipher).

The transformation can be done using a lookup table, such as the following:


ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZabcdefghijklmnopqrstuvwxyz
NOPQRSTUVWXYZABCDEFGHIJKLMnopqrstuvwxyzabcdefghijklm

Oke mungkin untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengunjungi laman Wikipedia yang menjelaskan lebih dalam tentang What about Rot13.

Lalu Untuk Apa Rot13 ?

Mungkin hal ini yang terbenak dalam pikiran para pembaca yang baru mengenal tentang enkripsi ataupun security.

Rot13 adalah "algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad-tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya)." Dari sini dapat kita pahami Rot13 adalah sebuah enkripsi sederhana dimana kita hanya perlu membalikkan kata dengan pergeseran 13.

Kegunaan Rot13

Sebenarnya Rot13 sudah ada sejak jaman Yunani dahulu, yaitu jaman kerajaan Julius Caesar dan sampai saat ini metode ini menurut saya sendiri adalah salah satu cikal bakal atau pendorong perkembangan ekripsi kata, mari kita bahas kegunaanya ( Menurut saya dan dari berbagai sumber yang saya dapat ).

1. Menyembunyikan teks.
2. Menghindari spam filter.
3. Just a joke for a quiz.

Dan dari beberapa penjelasan tentang kegunaan Rot13, menurut saya semuanya memiliki arti yaitu "menyembunyikan makna tertentu untuk menghindari hal tertentu".

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan dan dibawah ini akan saya lampirkan beberapa sumber yang bisa saya jadikan rujukan untuk anda memperdalami ekripsi Rot13.


Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/ROT13
http://en.wikipedia.org/wiki/ROT13
https://sites.google.com/a/klikedukasi.com/arsip/home/algoritma-kriptografi-klasik


on , ,

1 comment

1 comment

Leave a Reply